Apa Itu Multimedia? Ini Pengertian, Elemen, dan Jenisnya




Jakarta

Apakah kamu pernah mendengar mengenai multimedia? Yap, jika membicarakan mengenai multimedia maka sangat erat kaitannya dengan audio dan juga visual. Multimedia adalah instrumen yang secara praktik dapat membuat presentasi yang dinamis dengan unsur-unsur teks, grafik, audio, hingga animasi.

Tujuan dari multimedia adalah untuk menggambarkan suatu informasi dengan jelas dan komprehensif kepada audiens. Unsur-unsur grafik, audio, visual, hingga animasi akan menambah kejelasan dari informasi yang akan disampaikan.

Pengertian Multimedia

Menurut buku Multimedia: Developer’s Guide yang ditulis oleh Perry P, multimedia adalah integrasi dari beberapa komponen seperti teks, audio, video, animasi, dan gambar. Multimedia ini akan diatur melalui software dalam komputer dan terdapat interaksi antara media dan pengguna.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun secara umum, menurut Rosch dalam Kitab Suci Komputer dan Multimedia, dapat dikatakan multimedia bila ada gabungan dari minimal tiga elemen. Ketiga elemen tersebut yakni, suara, gambar, dan teks.

Kata multimedia sendiri berasal dari kata multi yang berarti banyak dan media yang merupakan pengantar. Sehingga, multimedia menjadi sarana untuk mempresentasikan suatu objek tertentu melalui platform dengan kombinasi berbagai unsur.

Komputer menjadi instrumen yang secara fungsional mengontrol multimedia. Komputer digunakan untuk menghubungkan teks, grafik, audio, hingga animasi. Secara teknis, ada proses penggabungan antara link dan tool untuk melakukan navigasi, berinteraksi, dan berkomunikasi.

Elemen dalam Multimedia

Dalam buku Information Technology in Business: Principles, Practice, Opportunities dijelaskan bahwa ada enam elemen penting dalam multimedia. Keenam elemen tersebut di antaranya:

  • Teks
  • Foto
  • Audio (suara)
  • Video
  • Animasi
  • Virtual Reality

Jenis Multimedia

Multimedia juga memiliki jenis-jenisnya masing-masing. Berikut rincian dan contohnya:

  • Multimedia interaktif artinya pengguna dapat melakukan kontrol dan mengakses berbagai elemen dalam multimedia untuk nantinya akan ditampilkan. Seperti, game, website, hingga multimedia pembelajaran
  • Multimedia hiperaktif maksudnya adalah jenis ini memiliki struktur dari elemen-elemen terkait dengan pengguna yang dapat mengarahkannya. Seperti, world wide web, website, game online.
  • Multimedia linier artinya pengguna hanya dapat menjadi penikmat dan penonton pada produk multimedia. Seperti, televisi, film, koran, dan sejenisnya

Nah, itu adalah pengertian, elemen, dan jenis dari multimedia. Semoga bermanfaat, ya!

Simak Video “iOS 17 Suguhkan Fitur Transkripsi Audio dalam Pesan
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *