Mesti Tahu Paw Rumble, Game Binaan Telkom yang Dipuji Google Play



Jakarta

Game buatan anak bangsa semakin diakui. Hal ini terlihat dari keberhasilan Indigo Game sebagai inkubator milik Telkom yang sukses mengantarkan game binaannya, Paw Rumble, meraih penghargaan Google Play Best Game of 2023.

Paw Rumble meraih kategori Best Made in Indonesia pada Google Play Best Game of 2023, karena dinilai menjadi hasil inovasi terbaik yang dibuat pengembang lokal dan bisa dinikmati secara global.

Paw Rumble adalah game multipemain online 4 orang yang memungkinkan pemain menikmati waktu permainan yang singkat dan menyenangkan bersama orang lain. Game ini diisi dengan misi sederhana untuk menghadirkan permainan yang menyenangkan tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menyabet penghargaan Google, Paw Rumble menjadi bukti keberhasilan dukungan Telkom secara end-to-end melalui program inkubasi dari Indigo Game. Game tersebut dikembangkan GrinSmile Studio dan diluncurkan pada 12 Juli 2023 ini kemudian dipublikasikan Nuon Games.

Dalam mempublikasikannya, Nuon Games juga bekerja sama dengan Dunia Games dari Telkomsel sebagai co-publisher, agar dapat menjangkau pasar lebih luas, khususnya di Indonesia. Nuon Games merupakan bagian PT Nuon Digital Indonesia sebagai anak perusahaan Telkom yang bergerak di bidang konten hiburan digital.

“Hal ini menunjukkan game lokal Indonesia memiliki potensi besar untuk bersinar di panggung dunia. Telkom berkomitmen terus mendukung dan memfasilitasi para pengembang gim lokal agar bisa menghasilkan gim-gim inovatif dan kompetitif, sehingga bisa terus menembus industri game global,” ujar CEO Nuon Digital Indonesia Aris Sudewo dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (20/12/2023).

Sebagai informasi, GrinSmile Studio merupakan pengembang game binaan Indigo Game angkatan kedua, atau sejak tahun 2020. Berkat pembinaan tersebut, studio game asal Surabaya, Jawa Timur, ini juga telah berhasil meraih penghargaan Best Mobile Game pada perhelatan bergengsi Indonesia Game Awards yang diadakan saat acara Game Developer eXchange (IGDX) 2023.

CEO GrinSmile Studio Narendra Yogha Prathama mengatakan, Indigo Game dan Nuon Games telah memberikan dukungan dan bantuan sangat besar dalam pengembangan game Paw Rumble dalam meraih penghargaan Google Play Best Game of 2023.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dan menghasilkan game-game yang bermanfaat dan menghibur bagi masyarakat,” tutur Narendra.

Grahadea Kusuf, Ketua Startup Bandung, saat ditanya komentarnya terkait keberhasilan tersebut, mengaku senang mendengar kabar yang dicapai GrinSmile Studio dan Nuon Games.

“Ini membuktikan pengembang gim dalam negeri itu kompetitif dan penuh bakat, sekaligus membuktikan bahwa konsep inkubasi oleh perusahaan besar ke startup itu masih sangat diperlukan,” katanya.

Menurut Dea, sapaannya, transfer pengetahuan, koneksi, pengalaman, hingga modal dari perusahaan besar melalui inkubator jelas terus memberi nilai tambah. Walaupun startup unggul dalam inovasi dan menguasai teknologi, umumnya memiliki keterbatasan seputar koneksi, pengalaman, dan modal. Di sinilah peran inkubator sebagai solusi yang membantu startup bisa lebih terarah dan cepat matang melalui program inkubasi.

Sejak didirikan pada tahun 2019, Indigo Game yang berada di bawah umbrella brand Leap Telkom Digital telah menginkubasi dan mengakselerasi lebih dari 200 startup maupun pengembang game lokal yang ada di Indonesia. Program inkubasi dari Indigo Game fokus pada peningkatan inovasi, kreativitas, dan kualitas studio game tanah air.

Selain itu, Indigo Game juga menyediakan pendanaan, dukungan kegiatan publishing, acara networking, program mentoring, dan fasilitas modern untuk membantu pengembang game dapat meraih pasar Indonesia dan juga dunia.

Tidak hanya Indigo Game sebagai inkubator, Leap Telkom Digital juga memayungi berbagai produk dan layanan digital dari Telkom untuk mewujudkan bangsa berdaya saing serta mengakselerasi penerapan ekosistem digital yang merata di Indonesia.

Simak Video “Sony Jual Game PS4-PS5, Potongan Sampai 75%
[Gambas:Video 20detik]

(agt/fyk)

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *